Profil Madrasah


Profil MTs Muhammadiyah 03 Ketro

A. Tujuan Satuan Pendidikan Dasar
a.  Pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, ketrampilan untuk hidup mandiri, serta berjiwa sosial dan mengikuti jenjang pendidikan lebih lanjut.
b.  Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab ( UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, BAB II, pasal 3 )

B. Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah

1. Visi Madrasah
“ Muttaqin yang berakhlaq mulia, Unggul keilmuannya, Tinggi kemandiriannya”.
Indikator-indikator dari visi :
a. Tercapainya pengamalan ketaatan siswa dalam pelaksanaan beribadah baik dalam sekolah maupun di luar sekolah.
b. Tercapainya kebiasaan berfikir cerdas dan professional dalam setiap menghadapi tantangan kehidupan.
c. Tercapainya pelaksanaan life skill dalam kehidupan bermasyarakat.
d. Tercapainya kemandirian dalam kehidupan dan berperilaku tanggung jawab baik secara individu maupun bermasyarakat.

2. Misi
a.  Melatih siswa untuk memahami ajaran Islam dan mengamalkannya.
b. Melatih siswa berfikir rasional dan cerdas.
c.  Membiasakan hidup mandiri dan bertanggung jawab.

3. Tujuan MTs Muhammadiyah 03 Ketro
a. Mewujudkan tercapainya ketuntasan dalam penguasaan
    Akademik yaitu dengan meningkatkan ketuntasan minimal 7,0 pada tahun 2011 – 2012 pada setiap mata pelajaran.
    Life Skill, Menguasai keterampilan dasar sebagai bekal pengamalan dalam kehidupan sehari-hari dalam waktu 3 tahun belajar di madrasah.
b. Mewujudkan penerapan Keindahan, Seni dan Budaya
    -   Memiliki lingkungan madrasah yang bersih, rapi, indah, dan nyaman
    -   Memiliki seni unggulan seni musik modern dan hadrah, teater.
c.  Menguasai dan menerapkan nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.
  -  Memiliki kemampuan membaca dan menulis dengan tartil Al-Qur’an dalam waktu 3 tahun belajar di madrasah.
  -   Memiliki kesadaran mengamalkan nilai-nilai keagamaan dan kewajiban sebagai seorang muslim selama 3 tahun belajar di madrasah
d. Melaksakan TUPOKSI oleh masing-masing komponen madrasah dengan konsisten sesuai dengan aturan yang berlaku pada tahun 2011
e.  Terwujudnya perilaku baik dan berbudi luhur.
  -   Memiliki kesadaran dan berperilaku baik, serta berbudi luhur seluruh komponen dalam kurun waktu 3 tahun
f. Terwujudnya kepercayaan dari masyarakat dan instansi lainnya
  -   Memiliki kerjasama yang baik dengan masyarakat dan instansi lain dalam wujud berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan terkait pada tahun 2013

0 comments: